Monitoring Jentik Nyamuk Bersama Puskesmas dan Tiga Pilar Kelurahan Madiun Lor, Upaya Mencegah Penyebaran Penyakit Demam Berdarah

Read Time:1 Minute, 2 Second

MADIUN LOR — Pada Jumat, (23/02), Tim monitoring jentik nyamuk bersama Puskesmas Ngegong dan Tiga Pilar Kelurahan Madiun Lor melakukan kegiatan monitoring jentik nyamuk di wilayah RW 09. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pengendalian penyakit yang bertujuan untuk memantau populasi nyamuk dan mencegah penyebaran penyakit yang disebabkan oleh nyamuk, seperti demam berdarah.

Pemeriksaan jentik nyamuk dilakukan dengan cara mencari dan mengidentifikasi jentik nyamuk di berbagai tempat penampungan air yang menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk, seperti bak mandi, ember, dan tempat penampungan air hujan. Hasil evaluasi dari monitoring hari ini menunjukkan bahwa jentik nyamuk sering terlihat di pembuangan air belakang kulkas, bekas botol yang menjadi tadah air hujan, pembuangan air dispenser, serta bak kamar mandi yang jarang dikuras.

Jentik yang telah ditemukan kemudian dicatat, termasuk lokasi dan kondisi tempat penampungan air yang diperiksa. Selanjutnya, dilakukan pengeringan tempat penampungan air untuk mengurangi populasi nyamuk. Kegiatan pemeriksaan jentik nyamuk ini merupakan salah satu upaya penting dalam pengendalian penyakit yang membutuhkan partisipasi aktif dari masyarakat setempat.

Melalui pemeriksaan jentik nyamuk, masyarakat dapat membantu mencegah penyebaran penyakit yang disebabkan oleh nyamuk dan meningkatkan kesehatan masyarakat di wilayah sekitar. Dengan kesadaran dan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat, upaya pengendalian penyakit dapat terus dilakukan dengan baik dan berdampak positif bagi kesehatan bersama. (Cdf)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Lomba Proklim, Langkah RW 02 Menuju Lingkungan yang Lebih Bersih dan Sehat
Next post Lansia Kelurahan Madiun Lor Aktif Ikuti Senam Sehat Indonesia
Open Chat
Scan the code
Selamat Datang di Kelurahan Madiun Lor !
Apakah ada yang bisa Kami bantu?
Kami akan melayani saudara dengan sepenuh harti :)